Burlian: BUMDes Harus Miliki Produk Unggulan

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setkab Kepahiang Burlian dalam kegiatan sosialisasi tentang BUMDes

BengkuluVoice.com, Kepahiang – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) harus memiliki produk unggulan sesuai dengan potensi dan sumber daya manusia (SDM) yang ada di desa mengingat BUMDes memiliki peran penting dalam meningkatkan roda perekonomian masyarakat desa.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setkab Kepahiang, Burlian, saat membuka kegiatan sosialisasi dan diskusi, selasa (10/11/2020).

“Melalui sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan sekaligus bekal bagi pendamping, pengurus dan anggota BUMDes agar kedepan setiap BUMDes memiliki produk unggulan dengan memaksimalkan potensi yang ada di desa,” kata Burlian.

Burlian menambahkan jika ada BUMDes yang terkendala karena modal awalnya kecil maka ada beberapa alternatif yang dapat dilakukan diantaranya swadaya masyarakat dan melibatkan PT/Industri yang ada didesa.

“Bisa juga beberapa desa bergabung membentuk BUMDes yang disebut BUMDes bersama seperti yang banyak dilakukan oleh desa-desa yang ada di Bengkulu Tengah,” jelasnya.

Selain itu Burlian juga meminta dinas terkait untuk bersinergi serta selalu memberikan motivasi kepada pengelola BUMDES agar sesuai aturan yang berlaku dan terhindar dari jeratan hukum.

“Selain PMD yang harus melakukan pembinaan beberapa dinas lain juga dapat besenergi dengan BUMDes seperti Dinas Perindustrian maupun UMKM, dapat melibatkan BUMDes didalam memberikan pelatihan,” sampai Burlian.(hbv)

. .

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *