Penderita HIV di Kepahiang Tercatat 4 Orang

Plt Kepala Dinkes Kabupaten Kepahiang, Saprialis

BengkuluVoice.com, Kepahiang – Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepahiang Saprialis mengatakan dalam tiga tahun terakhir ada empat orang warga Kepahiang yang mengidap HIV.

“Terdata oleh kami (Dinkes Kepahiang) jumlah penderita HIV sejak 2017 ada 4 orang, jumlah itu termasuk dengan dua orang yang terdeteksi di RSUD pada Januari kemarin,” ungkap Saprialis, Senin (04/02/2019).

Penderita HIV itu disebutnya tertular atau terjangkit ketika masih berada di luar daerah Kabupaten Kepahiang. “Mereka itu pernah tinggal di luar Kepahiang, dan tahunya terjangkit di Kepahiang saat akan berobat, jadi penderita sudah tertular saat mereka masih di luar daerah,” terangnya.

Saprialis menambahkan Dinkes melalui Puskesmas sejauh ini cukup gencar memberikan penyuluhan bahaya HIV/AIDS kepada ibu hamil dan lainnya yang beresiko tinggi terjangkit HIV.

“Pihak kita rutin berikan penyuluhan dan informasi tentang bahaya HIV, kita terus mengimbau ke masyarakat untuk menjauhkan hal – hal yang berisiko terjangkit HIV,” demikian Saprialis.(bvc)

. .

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *