Pemkab Kepahiang Bentuk Tim Pencegahan Pernikahan Dini

Pengukuhan tim gugus tugas pencegahan pernikahan anak di Kabupaten Kepahiang

BengkuluVoice.com, Kepahiang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang, Bengkulu, telah membentuk tim pencegahan perkawinan anak, Selasa (22/10/2024). Pengukuhan tim secara langsung oleh Bupati Kepahiang Hidayattullah Sjahid.

Bupati Hidayat mengatakan, tim gugus tugas pencegahan perkawinan anak yang dibentuk bertujuan menekan angka penikahan dini di Kepahiang.

Semua yang tergabung dalam satgas diharapnya dapat terlibat aktif mensosialisasikan atau memberi pemahaman – pemahaman terhadap masyarakat akibat dari pernikahan dini.

“Tim gugus tugas ini penting dibentuk, untuk menekan angka pernikahan dini di Kepahiang, satgas ini nantinya akan membantu untuk mempercepat terealisasinya Perbup, saya harap semua terlibat aktif,” ungkap Hidayat.

Bupati Hidayat juga memaparkan sebab terjadinya pernihakan dini dan juga dampak buruk dari pernikahan dini yang terjadi.

“Akibat dari pernikahan dini ini menyangkut kesehatan, dapat akibatkan lahirnya anak stunting, KDRT hingga perceraian. Terjadinya pernikahan dini bisa disebabkan oleh ekonomi bahkan kebiasaan dari masyarakat,” dimikian Hidayat.

Sekedar untuk diketahui, kegiatan pengukuhan tim gugus tugas pencegahan perkawinan anak ini dilanjutkan dengan peluncuran buku pintar strategi pencegahan perkawinan anak melalui edukasi kesehatan reproduksi remaja (SAPPA SEROJA).(bvc)

. .

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *